Kunci Ke-3 dari Sepuluh Kunci Hubungan Cinta: Kejujuran

Kejujuran

Kunci Ketiga dari Sepuluh Kunci Hubungan Cinta : Kejujuran

Kejujuran atau bersikap apa adanya, tidak berpura-pura terhadap pasangan merupakan pondasi dalam membangun hubungan cinta. Hubungan yang baik adalah ketika Anda tidak memendam sendiri perasaan, pikiran ataupun tindakan Anda. Sebaliknya, terbukalah dengan pasangan Anda, komunikasikan pengalaman dan misi Anda. Pada umumnya kita hanya berkomunikasi 7% secara verbal. Jika Anda tidak jujur atau bersikap pura-pura, tidak apa adanya terhadap pasangan, maka dapat dikatakan hubungan tersebut tidak sehat. Karena bagaimanapun juga, sebaik apapun kita memendam atau menutupi sesuatu, pada akhirnya kebenaranlah yang akan terlihat.

Kejujuran adalah atribut cinta. Cinta tidak lengkap tanpa kejujuran. Ada pepatah mengatakan bahwa jujur itu menyakitkan. Sebenarnya, Anda dapat tidak menyakiti orang lain dengan kata-kata yang Anda ucapkan, tetapi orang lain bisa saja menanggapi berbeda perkataan Anda, mereka bisa tersinggung meskipun Anda tidak bermaksud menyinggungnya. Demikian juga dengan mengungkapkan apa yang dirasakan kepada pasangan, penyampaiannya haruslah tepat agar tidak menyakiti perasaan pasangan. Sebaiknya Anda tahu mana pilihan kata yang tepat/ tidak tepat, pantas/ tidak pantas untuk disampaikan. Ungkapkanlah kepada pasangan Anda dengan awalan “Saya”. Misalnya Anda dapat katakan, “Saya merasa marah karena kamu tidak mencuci piring seperti yang kamu janjikan” dan bukan, “Kamu membuat saya marah ….”

Pasangan Anda mungkin tidak selalu dapat menangkap bahasa tubuh Anda atau melihat tatapan mata Anda begitupula sebaliknya. Jangan pernah menganggap bahwa Anda tahu apa yang pasangan Anda rasakan jika belum dikomunikasikan. Persepsi masing-masing seringkali tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Gunakan intuisi Anda dan hindari kesalahpahaman, kebingungan dan argumen dengan cara berbicara dan mencari kebenarannya. Jujur pada diri sendiri. Katakanlah apa yang Anda inginkan. Rasa bersalah dan ketakutan akan hilang begitu Anda dapat menghadapinya. Percayalah pada dirimu sendiri.

Sumber : Ten Keys to Loving Relationships oleh Gudrun Kretschmann

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Comments

comments