Kunci Ke-4 dari Sepuluh Kunci Hubungan Cinta: Tanggung Jawab

Tanggung Jawab

Kunci ke-4 dari Sepuluh Kunci Hubungan Cinta : Tanggung Jawab

 

Kita bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada diri kita sendiri. Secara sadar maupun tidak sadar, kita sendirilah yang menciptakan situasi dan keadaan yang kita alami. Kita dapat memilih dengan siapa kita akan belajar dan menyadari pilihan kita sendiri. Kita bukan korban tindakan orang lain tapi juga pemikiran kita sendiri. Jika ada argumen dan konflik dalam hubungan Anda, tanyakan pada diri Anda, “Mengapa ini terjadi? Apa yang ada dalam diri saya yang menciptakan situasi ini Jangan salahkan atau menilai pasangan Anda.

Bertanggung jawab atas apa yang sedang terjadi atau apa yang Anda rasakan sedang terjadi pada Anda. Apa yang kita lihat, suka atau tidak suka pada orang lain, kita lihat, suka atau tidak suka dalam diri kita sendiri. Kita perlu melihat diri kita terlebih dahulu. Mencoba mengganti pasangan kita tidak berhasil. Terimalah bahwa dia berbeda. Jika kita ingin perubahan, kita perlu ganti dulu. Cari tahu di mana batas Anda dan pasangan Anda berada dan pastikan mereka dikomunikasikan.

Temukan pola dan ketergantungan Anda sendiri. Ada banyak rasa takut kehilangan. Jangan mengambil komentar dan tingkah laku secara pribadi. Tindakan pasangan Anda dapat memicu pikiran dan perasaan di dalam diri Anda, tetapi rasa marah Anda menyadari bahwa ada sesuatu yang memicu perasaan-perasaan ini yang mungkin tidak ada hubungannya dengan Anda. Komunikasi sangat penting

 

Sumber : Ten Keys to Loving Relationships oleh Gudrun Kretschmann

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Comments

comments